Minggu, 21 Desember 2008

HARI RAYA IBRANI

HARI RAYA IBRANI

Rosh Hashshana
1 Tishre

* Umumnya Rosh Hashshana dikenal sebagai "Tahun Baru Ibrani." Namun, sebetulnya Rosh Hashshana memperingati tiga hal penting, yaitu:

(1) penciptaan manusia,

(2) ketika Abraham diuji imannya, dan

3) ketika TUHAN menghakimi manusia.

Yom Kippur
10 Tishre

* Dalam Alkitab Terjemahan Baru Lembaga Alkitab Indonesia (TB LAI), Yom Kippur diterjemahkan "Hari Pendamaian." Yom Kippur adalah hari raya yang paling khidmat dalam tradisi Ibrani. Biasanya diisi dengan berpuasa, yang dimulai pada 25 jam sebelum matahari terbenam. Yom Kippur diisi dengan pengakuan dosa serta pemulihan hubungan manusia dengan TUHAN.

Sukkoth
15-21 Tishre

* Dalam Alkitab disebut juga Hari Raya Pondok Daun. Sukkoth dirayakan untuk memperingati masa-masa ketika orang-orang Ibrani berada di padang gurun menuju Kanaan. Selama di padang gurun, mereka tinggal di tempat-tempat tinggal sementara berupa pondok-pondok kecil yang terbuat dari dedaunan. Tempat-tempat tinggal itu mereka sebut "sukka."

Sukkoth juga merupakan perayaan hasil panen. Banyak orang menyebut hari raya ini dengan sebutan "Hari Raya Tabernakel" atau "Feast of Tabernacle" tetapi sebutan ini keliru, sebab Sukkoth tidak merujuk pada tabernakel.

Khanukka
24 Kisleu - 2 Teveth

* Khanukka sering dianggap sebagai Natal Yahudi, sebab pada hari raya ini, orang-orang Yahudi menyalakan lilin di rumah-rumah mereka. Khanukka sebetulnya adalah peringatan kembalinya fungsi Bait Suci Salomo sebagai tempat ibadah, setelah sebelumnya dijadikan tempat penyembahan dewa Zeus oleh kaisar Yunani.

Khanukka dirayakan selama delapan hari untuk memperingati mujizat ketika minyak lampu di menora (tujuh kaki dian) yang seharusnya hanya cukup untuk satu hari, ternyata mampu bertahan sampai delapan hari.

Purim
14 Adar

* Purim adalah peringatan bebasnya orang-orang Yehuda dari persekongkolan keji oleh Haman di Persia. Persekongkolan itu berhasil dibongkar oleh Ratu Ester. Purim harus diisi dengan penuh kegembiraan dan sukacita.

Pesakh
15-22 Nisan

* Pesakh adalah peringatan ketika TUHAN mendatangkan tulah atas Mesir dengan membunuh anak-anak sulung mereka dan menyelamatkan anak-anak sulung orang-orang Ibrani. Tulah ini adalah tulah terakhir atas Mesir sebelum orang-orang Ibrani diizinkan keluar dari negeri itu.

Pesakh biasanya dirangkaikan dengan Hari Raya Roti Tidak Beragi.

Shavu'oth
6-7 Siwan

* Shavu'oth atau juga disebut Hari Pentakosta, sebab Shavu'oth jatuh pada hari kelima puluh dalam kalender Ibrani. Shavu'oth adalah peringatan diberikannya hukum-hukum Taurat di Gunung Sinai. Pada hari raya ini, hasil-hasil panen pertama dibawa ke Bait Suci.

Tidak ada komentar: