Minggu, 21 Desember 2008

HARI RAYA GEREJAWI

HARI RAYA GEREJAWI

Tahun Baru
1 Januari

* Perayaan tahun baru Masehi sekaligus perayaan ulang tahun (yom hulledeth) Kemah Abraham

Natal
25 Desember

* Perayaan kelahiran Yesus Kristus (Yeshu'a Hammashiakh). Perayaan Natal diselenggarakan secara berbeda-beda oleh banyak gereja. Gereja Apostolik Armenia misalnya merayakan Natal pada 6 Januari, sementara Gereja Ortodoks Timur merayakannya pada 7 Januari. Perbedaan perhitungan pada kalender Masehi disebabkan karena Yesus
(Yeshu'a Hammashiakh)dilahirkan sebelum kalender Masehi diadopsi oleh gereja.

Kemah Abraham menghargai setiap perbedaan tersebut, sebab masing-masing gereja memiliki landasan perhitungan yang berbeda. Penulis sendiri masih mengikuti usulan Origenes pada tahun 273 M, yang memilih 25 Desember sebagai "Hari Natal." Perayaan Natal pada 25 Desember kemudian diresmikan oleh Kaisar Konstantinus pada tahun 336 M.

Jumat Agung

* Peringatan wafatnya Yesus Kristus (Yeshu'a Hammashiakh). Perhitungan hari peringatan Jumat Agung berbeda setiap tahunnya dalam kalender Masehi, sebab Jumat Agung selalu jatuh pada hari Jumat, biasanya diperingati pada hari Jumat bertepatan dengan Yom Pesakh Ibrani. Kemah Abraham sendiri mengikuti perhitungan kalender gerejawi umum di Indonesia.

Paskah

* Peringatan kebangkitan Yesus Kristus (Yeshu'a Hammashiakh). Perhitungan kebangkitan Yesus Kristus juga berbeda setiap tahunnya dalam kalender Masehi.

Paskah berasal dari kata Pesakh (Ibrani) yang artinya "melewati." Perayaan Pesakh dalam tradisi Ibrani dilakukan pada 15 Nisan (menurut kalender Ibrani). Biasanya perhitungan hari perayaan Paskah bagi gereja menyesuaikan dengan Pesakh Ibrani. Perbedaannya, Paskah Kristen selalu jatuh pada hari Minggu, yang diyakini sebagai hari kebangkitan Yesus Kristus.

Kenaikan Yesus Kristus

* Peringatan terangkatnya Yesus Kristus (Yeshu'a Hammashiakh) ke surga. Perayaan ini dihitung 40 hari setelah Paskah.

Pentakosta

* Peringatan turunnya Roh Kudus (Ruakh Haqqodesh) kepada para rasul (thalmidim) sesuai janji Yesus Kristus (Yeshu'a Hammashiakh) sebelum Ia terangkat ke surga. Perayaan ini dihitung 50 hari setelah Paskah atau 10 hari setelah kenaikan Yesus Kristus.

Tidak ada komentar: