Kamis, 01 November 2007

HIDUP ADALAH PILIHAN

Pada saat sekarang ini banyak hal yang kita lihat dan kita bisa renungkan dalam hati dan pikiran kita dan kadang-kadang hal tersebut bisa membuat kita semangat dan makin survive tapi kadang-kadang juga membuat kita down dan tidak bersemangat.
Dalam perjalan hari-hari kita ini hal-hal yang selalu kita minta adalah HAK dan HAK pribadi kita dan apakah HAK itu ?
Hak adalah sesuatu hal yang menjadi milik kita dan hal tersebut tidak bisa di ganggu gugat.
Tetapi pada dasarnya Hak tersebut beriring dengan kita melakukan kewajiban.
Kewajiban adalah tugas atau amanat yang harus kita tunaikan dan kita berikan sebelum kita memperoleh hak kita.

Kehidupan ini makin sering kita menemukan orang-orang yang selalu menuntut hak tanpa mempertimbangkan kewajiban untuk mendapatkan hak tersebut.

Nah............. ! kali ini kita mau belajar apa saja hak kita sebagai mahluk ciptaan Tuhan ?
Dan apa hak kita sebagai mahluk ciptaan Tuhan ?

" Hak kita yang paling utama dalam mengikut Tuhan kita adalah : Melakukan apa yang harus kita lakukan seperti menyenangkan hati Tuhan dan melakukan apa yang menjadi keinginan Tuhan".

Terkadang kita merasa kalau mengikuti dan menunaikan apa yang menjadi keinginan Tuhan itu adalah kewajiban kita, padahal kalau kita telusuri dari dalam kehidupan kita sendiri disaat kita melakukan apa yang menjadi keinginan hati Tuhan maka pada saat itulah kita telah menerima hak kita yang seiring dengan kewajiban kita.
Pada saat kita melakukannya maka saat itu juga kita akan mendapatkan kebahagiaan dan sukacita yang tidak ada bandingannya di dunia ini.

Ada beberapa Hak kita yang memang Tuhan telah berikan secara spontan kepada kita adalah

Menentukan Pilihan ...... Pada saat kita menentukan PILIHAN kita maka saat itulah Tuhan tidak mau mengganggu gugat kita dari PILIHAN kita tersebut, Tuhan tidak mau mengubah apa yang telah menjadi PILIHAN kita tetapi pada saat kita menentukan PILIHAN pada saat itu pula kita menerima KONSEKUENSI dari PILIHAN kita tersebut.
Contoh ;
A. Pada saat kita mempergunakan hak kita tersebut untuk mengagungkan TUHAN maka Tuhan secara langsung akan memberikan berkat yang berlimpah.
B. Pada saat kita mempergunakan hak kita untuk tidak melakukan apa yang TUHAN inginkan maka pada saat itu juga hidup kita tidak mendapat berkati.

Hidup kita adalah PILIHAN.
Apa yang terjadi pada masa sekarang terhadap hidup kita adalah akibat dari PILIHAN kita di masa lalu.
Kelemahan manusia adalah menentukan pilihan hidupnya, Beberapa faktor sangat mendukung kita untuk melakukan pilihan baik pilihan positif maupun pilihan negatif dan kalau pilihan kita positif maka kita akan positif tetapi kalau pilihan kita negatif maka kita anak negatif.

Hal-hal yang mempengaruhi kita melakukan pilihan al:
1. Keluarga
2. Teman-teman kita
3. Sekeliling kita ( Bisa karena keadaan kita atau pergaulan kita dan atau dosen atau guru kita).
4.dll

Nah.......... Bagaimana cara menentukan PILIHAN ?
Merenungkan akibat baik dan buruk dari suatu PILIHAN
Contoh :

Kalau kita Memilih A maka apa akibat atau hasilnya kelak disini di tuntut kita merenungkan semua baik dan buruknya dan yang lebih utama adalah meminta petunjuk dari Tuhan.


Note : Apa pilihan anda hari ini ? Saat inilah anda di tuntut untuk memilih agar anda tidak salah di kemudian hari dan kalau kita salah memilih maka akan muncul penyesalan yang berakibat fatal di kemudian hari karena waktu tidak akan pernah bisa kembali lagi.


Salam hormat.

HMP ARITONANg

Tidak ada komentar: